Tanaman Hias Janda Bolong Harganya Fantastis

warnacerita.com

Tanaman hias Janda Bolong kini Tengah menjadi Tren sekarang ini. Harga tanaman dengan nama lain Monstera dengan Kepopulerannya Tanaman Janda Bolong membuat para penggemar rela merogoh kocek puluhan bahkan ratusan juta untuk memilikinya, karena populernya, bahkan banyak pegiat daur plastik yang mengkreasikan imitasi dari plastik dengan menonjolkan daun yang berlubang persis Janda Bolong. Tanaman Janda Bolong kerap diincar untuk dijadikan sebagai tanaman hias untuk mempercantik ruangan. Tanaman Janda Bolong menjadi tren aktivitas merawat tanaman hias selama berada di Rumah.

warnacerita.com

Tanaman Janda Bolong bukan nama asli dari tanaman hias yang viral ini, melainkan itu hanyalah sebutan populer di Indonesia. Janda Bolong memiliki nama latin Monstera (Monstera Adansonii Variegated) yang termasuk dalam keluarga araceae, yang juga termasuk lili perdamaian dan lili calla. Tanaman ini juga merupakan kerabat dari pothos dan philodendron.

Monstera berasal dari daerah tropis di Amerika Tengah, mulai dari bagian paling selatan Meksiko hingga Panama. Namun, monstera juga dapat ditemukan di daerah lain, seperti Hawaii. Salah satu varietas paling umum dan mudah ditemukan di rumah-rumah serta pembibitan lokal adalah monstera deliciosa, yang membuat jenis ini sangat populer untuk saat ini.

Tanaman Janda Bolong dengan ukuran kecil juga cocok dijadikan sebagai dekorasi di meja kerja untuk mengusir rasa penat selama masa pademi ini. Enggak cuma bikin meja jadi cantik, dengan kehadiran Janda Bolong ini bisa menjaga mood tetap membaik. Harga satu pot janda bolong ditaksir mencapai Rp 100 juta . Adapun setangkai daunnya dinilai 15 juta rupiah. Varietas baru dari janda bolong ini dihargai dengan biaya yang fantastis lantaran warnanya yang unik, yakni perpaduan warna kuning dan hijau dalam satu daun. Selain itu, lubang-lubang pada daun juga menjadi nilai tambah.

Terlepas dari viralnya tanaman hias janda bolong, bagi Anda yang tertarik untuk memeliharanya tentu harus tahu cara benar merawatnya. Sebab jika tidak, tanaman tersebut bisa layu bahkan mati. Pemilik usaha Nanem Taneman, Adawiyah Riwan lantas membagikan beberapa tipsnya untuk tanaman jada bolong ini.

Tanaman Janda Kembang

 

Baca Juga  : Belajar Cara Beriklan Dengan Tepat

Pertama, ia mengatakan bahwa penting bagi Anda untuk menyimpan janda bolong di dalam rumah atau ruang terbuka asalkan atapnya tetap tertutup. Sebab, tanaman ini termasuk jenis yang tak bisa langsung terkena paparan sinar matahari.

“Jadi kalau dia terkena matahari terus menerus, ini bisa membuat daunnya gosong dan pada akhirnya mati. Itulah mengapa, sebaiknya simpan di ruangan saja. Tapi tetap sesekali dibawa keluar rumah untuk dapat udara segar ya,” katanya

Selanjutnya, Adawiyah juga mengimbau pemberian pupuk dan serabut kelapa. Pupuk bisa ditambahkan setiap satu hingga dua minggu sekali, sedangkan serabut kelapa setidaknya enam bulan sekali. “Pupuk berguna untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah, sementara serabut kelapa bisa menjadi bahan mineral alami bagi tanaman,” katanya.

Menambahkan pestisida serta vitamin juga disarankan Adawiyah. “Pestisidanya bisa diberikan dua minggu sampai satu bulan sekali untuk mencegah hama yang bisa merusak tanaman. Tambahkan vitamin satu minggu sekali juga untuk merangsang tunas pohon baru,” katanya.

Diet HerbalApabila janda bolong telah bertumbuh lebat, Anda pun bisa dengan mudah mengembangbiakkannya. Ini dilakukan dengan memotong bagian persimpangan batang yang memiliki akar. “Biasanya kalau ada tumbuhan baru, akar-akarnya akan keluar di sekitar batang. Itu tinggal digunting saja untuk ditanam lagi,” katanya.

Untuk Anda yang tidak memiliki persediaan tanah, meletakkan akar baru dari janda bolong ke wadah isi air pun bisa dilakukan. “Dia akan tumbuh dengan sendirinya, tidak perlu di tanah juga aman. Yang penting, air harus sering diganti misalnya dua kali seminggu supaya tidak jadi jentik nyamuk,” katanya.

Jadi bagi yang suka atau hobby sama tanaman ini bisa di jadikan suatu peluang usaha  untuk menambah penghasilan di masa pandemic ini, karena tanaman janda bolong ini lagi trend di masa pandemic ini dan harganya mahal untuk di jual.

Baca Juga : Belajar Bisnis Online Melalui Komunitas Bisnis Digital

MalyaStrawberry
error: