Manfaat Clover Honey Dan Perbedaan Dengan Madu Biasa

warnacerita.com

Clover honey adalah salah satu jenis madu yang berasal dari tanaman semanggi (clover plants). Clover honey semakin populer karena rasanya yang sangat manis dan beraroma bunga. Berbeda dengan pemanis lainnya, pemanis alami ini juga kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain rasanya yang manis, madu ini juga dipercaya memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah antioksidan, yang dikenal dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda. Madu merupakan salah satu produk alami yang digemari karena rasanya yang manis. Ada berbagai macam jenis madu dengan rasa, aroma, dan warna yang bervariasi. Salah satu jenis madu yang cukup terkenal adalah clover honey.

warnacerita.com

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Clover Honey

Clover honey adalah salah satu jenis madu yang dibuat oleh lebah madu yang memakan nektar (sari bunga) tanaman semanggi. Berbeda dengan madu lainnya, madu ini memiliki warna yang lebih terang, rasa yang lebih ringan, serta wangi seperti bunga. Banyak orang yang menjadikan madu ini sebagai pemanis teh, kopi, dan hidangan penutup. Meski kandungan gulanya tinggi, madu ini mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut nutrisi yang terkandung dalam 1 sdm clover honey:

  • 60 kalori
  • 0 gram lemak
  • 0 gram protein
  • 17 gram karbohidrat
  • Magnesium
  • Kalium
  • Zat besi
  • Zinc
  • Tembaga
  • Mangan
  • Kalsium
  • Vitamin B
  • Vitamin C

Selain itu, madu ini juga mengandung antioksidan polifenol dan hidrogen peroksida. Satu hal yang perlu dicatat, clover honey tidak mengalami pemanasan, pemrosesan, atau pasteurisasi sehingga sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya dipertahankan.

Clover Madu

Perbedaan Clover Honey Dengan Madu Biasa.

1.  Asal Madu

Clover honey berasal dari madu yang dipanen dari lebah yang mengumpulkan nektar dari tanaman clover sehingga menghasilkan rasa yang lebih khas. Terdapat lebih dari 300 spesies tanaman clover.
Sedangkan madu biasa dipanen dari lebah yang mengumpulkan nektar dari tanaman berbunga lainnya.

2.  Warna Madu

Warna clover honey cenderung putih bening hingga kuning muda. Berbeda dengan madu biasa yang memiliki warna kuning pekat hingga kecokelatan.

3.  Tekstur Madu

Tekstur clover honey juga lebih cair ketimbang madu pada umumnya yang lebih kental.

4.  Rasa

Clover honey memiliki rasa bunga yang kuat dengan manis yang lembut.

5.  Proses Kristalisasi

Clover honey mengkristal lebih cepat dibanding dengan jenis madu lainnya karena memiliki kadar glukosa yang lebih tinggi daripada fruktosa. Sehingga, jika dibiarkan terlalu lama, maka madu akan terasa memiliki butiran kristal.

clover honey

Manfaat Clover Honey Bagi Kesehatan

Selain digunakan sebagai pemanis dalam masakan atau minuman, clover honey juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan berikut manfaat clover honey yang sayang untuk Anda lewatkan:

1. Menyembuhkan Luka Dan Masalah Kulit

Clover honey memiliki efek antivirus dan antibakteri. Sebuah studi menunjukkan bahwa varietas madu ini memiliki sifat antibakteri yang paling kuat terhadap bakteri Staphylococcus aureus daripada jenis-jenis madu lainnya. Sifat antibakteri ini juga efektif mempercepat penyembuhan luka jika dikonsumsi. Namun jangan dioleskan pada luka terbuka.

Dalam sebuah studi yang berlangsung selama 3 bulan, clover honey digunakan untuk pengobatan kaki 30 penderita diabetes. Hasilnya menunjukkan bahwa 43 persen luka sembuh sepenuhnya dan 43 persen lainnya berkurang secara signifikan.

Sifat antivirus yang dimiliki madu ini juga sangatlah baik. Sebuah studi tabung menemukan bahwa mengaplikasikan larutan clover honey 5 persen pada kulit yang terinfeksi virus cacar dapat menurunkan tingkat kelangsungan hidup virus tersebut.

2. Meredakan Gejala Flu

Mengonsumsi 1-2 sendok teh madu murni atau clover honey yang dicampurkan ke dalam teh hangat dapat meringankan gejala flu, seperti pilek, batuk, dan sakit tenggorokan.

Manfaat ini kemungkinan berkat kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri di dalamnya. Selain itu, clover honey juga diyakini dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga dapat membantu meredakan gejala flu.

3. Meredakan Batuk

Mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda jika madu, termasuk clover honey, dapat meredakan batuk. Sifat antivirus, antibakteri, maupun antiperadangan yang dimilikinya dapat membantu Anda melawan penyebab batuk tersebut. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga bisa membuat tubuh Anda lebih segar dan berenergi.

4.  Memelihara Kesehatan Gigi Dan Mulut

Clover honey memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan antibakteri, antiradang, dan antioksidan pada madu ini diduga dapat membantu menghambat pertumbuhan kuman di gigi dan gusi, mencegah peradangan pada gusi, dan menghambat pembentukan plak pada gigi.

5.  Mencegah Stres 

Sebuah studi menemukan bahwa clover honey mengandung sejumlah antioksidan polifenol yang kuat. Antioksidan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas sehingga mencegah terjadinya stres oksidatif yang memicu berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, atau kerusakan hati. Selain itu, antioksidannya juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta memperkuat sistem saraf pusat.

6.  Menjaga Kesehatan Jantung

Clover honey banyak mengandung flavanoid dan asam fenolat yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Kandungan ini juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7.  Mengendalikan Diabetes

Meski clover honey memiliki jumlah gula yang sama dengan madu biasa, namun ini menjadi pilihan yang baik daripada pemanis lainnya. Sebab pemanis yang lain memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap kadar gula darah. Sebuah penelitian pada 80 anak mengamati bahwa satu dosis madu menimbulkan respon gula darah yang lebih kecil daripada gula biasa dengan dosis yang sama. Meski begitu, asupannya tetap harus dibatasi agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

8.  Meredakan Gangguan Saluran Cerna Dan Sebagai Prebiotik

Mengonsumsi 1-2 sendok teh madu disebut dapat meredakan nyeri perut dan membantu proses penyembuhan gangguan pencernaan, seperti diare dan tukak lambung. Selain itu, kandungan gula pada madu, termasuk clover honey, juga berperan sebagai prebiotik dalam saluran cerna. Efek ini baik untuk membantu pertumbuhan bakteri baik dan melancarkan sistem pencernaan.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, konsumsi clover honey tidak boleh berlebihan, terutama pada penderita diabetes, karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Selain itu, semua jenis madu, termasuk clover honey, sebaiknya tidak diberikan kepada bayi atau anak berusia di bawah 1 tahun, untuk menghindari risiko keracunan botulisme.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi clover honey, Anda bisa membelinya secara daring. Anda dapat menambahkan madu ini ke dalam teh, kue, roti, puding, ataupun salad, untuk menambahkan rasa manis yang khas. Selain manis dan lezat, madu ini juga menyehatkan jadi tak ada salahnya mencoba.

MalyaStrawberry
error: