Buang Angin Alias Kentut Kentutan Kenapa Malu Padahal Itu Sehat

warnacerita.com

Buang angin atau kentut sesuatu yang memalukan. Apa lagi kalau kentut di depan umum, atau di depan orang-orang penting. Selain dianggap nggak sopan oleh sebagian orang, kentut juga kadang mengganggu. Soalnya, kadang gas yang keluar dari dalam tubuhmu mengeluarkan bau yang luar biasa untuk di hidung Padahal, kentut adalah sebuah hal yang wajar, bahkan sehat dialami oleh tubuh manusia, karena buang angin alias kentut adalah hasil dari proses bekerjanya sistem pencernaan seseorang. Jika tidak bisa kentut, tubuh justru akan merasa tidak nyaman, seperti kembung dan bawaan ya ingin buang air besar.

warnacerita.com

Kentut adalah cara organ dalam tubuh menghembuskan napas. Jika tidak lewat kentut, gas tersebut akan mencari jalan lain untuk keluar melalui tempat lain, lewat mulut misalnya makanya ada sebagian orang banyak bersendawa untuk mengeluarkan angin dalam perut
Jadi jangan malu untuk kentut. Sebab jika sulit kentut, justru Anda harus khawatir karena itu tandanya tubuh tidak dalam kondisi baik dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Pada dasarnya, kentut merupakan reaksi normal tubuh yang harus dilakukan manusia demi kesehatan. Tubuh menghasilkan gas sebagai bagian dari penguraian dan pemrosesan makanan. Saat makan, mengunyah, dan menelan, kita juga memasukkan udara ke dalam tubuh.
Udara yang masuk berupa menjadi Gas-gas kemudian menumpuk pada sistem pencernaan. Sebagian diserap secara alami, tapi sisanya tentu harus dikeluarkan dari tubuh. Sisa gas yang ke luar dari tubuh itu bisa berbentuk kentut atau sendawa. Karenanya, saat kentut justu itu menjadi indikasi tubuh (terutama sistem pencernaan) telah bekerja dengan baik

Fakta dan Manfaat Kentut Bagi Kesehatan.

1. Mengurangi kembung saat terasa kembung setelah aktivitas makan besar, kemungkinan hal itu disebabkan oleh gas yang tidak keluar. Kentutlah yang bertugas mengeluarkan gas tersebut dari sistem pencernaan.Karenanya, membiarkan gas keluar dan menguap akan langsung mengurangi rasa kembung dan ketidaknyaman pada perut.

Buang Angin Alias Kentut teratur membantu menyingkirkan kembung yang biasanya disebabkan oleh makanan tertentu seperti karbohidrat atau makanan manis. Biasanya kentut ini akan diikuti rasa mulas dan perasaan tidak nyaman dalam perut.

Obat Herbal

Mengunyah permen karet membuat kita menelan lebih banyak udara. Gas yang tak sengaja tertelan itu bisa sampai ke usus kita dan keluar melalui anus. Selain itu, permen karet juga mengandung sorbitol, xylitol, atau jenis alkohol gula lainnya yang tidak dapat diserap tubuh. Saat gula yang tidak bisa dicerna ini dipecah, tubuh menghasilkan gas dan membuat perut terasa kembung.

2. Sebagai sistem peringatan dini kentut juga berfungsi sebagai alarm atau peringatan atas sesuatu yang terjadi pada saluran cerna. Sebagai contoh jika Buang Angin Alias Kentut benar-benar bau maka mungkin ada gangguan pencernaan akibat infeksi saluran pencernaan dan dalam beberapa kasus indikasi masalah kesehatan mendasar seperti penyakit Crohn (orang-orang yang menderita penyakit ini setiap kali kentut akan sangat bau). Kentut dapat membuat usus merasa “senang” dan menurunkan risiko komplikasi pada usus besar. Saat tidak bisa atau menahan kentut, ternyata itu akan membuat gas membatasi gerak usus. Hal ini membuat rasa tidak nyaman di sistem pencernaan, rasa nyeri, bahkan sembelit.

Buang Angin Alias Kentut

Baca juga : Cara Mengatasi Tidur Mendengkur Secara Alami dan Sehat

3. Kentut secara alami melepaskan tekanan pada sistem percernaan yang disebabkan segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh setelah sistem pencernaan selesai memproses. Membantu menyeimbangkan pola makan tiap makanan yang dikonsumsi tubuh akan menghasilkan jenis gasnya tersendiri. Kentut dapat membantu memberi petunjuk tentang makanan apa yang dibutuhkan oleh usus. Misalnya, saat buang angin, bisa berarti tubuh membutuhkan lebih banyak serat. Selain itu, agar kentut tidak berbau terlalu menyengat, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi daging.

4. Menunjukkan kondisi bakteri usus sering kentut bisa jadi pertanda mikrobioma di usus lebih sehat, Ini juga menandakan kesehatan usus yang baik. Hal itu dikarenakan makanan yang memberi makan mikrobioma akan mendorong pencernaan jadi lebih efisien.

5. Bikin perasaan lega saat seseorang susah kentut, perut akan terasa tidak nyaman. Sebaliknya, saat bisa kentut, selain perut menjadi lebih nyaman, ada perasaan lega juga. Apalagi ketika dalam kondisi yang mau tidak mau harus menahan untuk tidak kentut.

6. Indikator untuk memperbaiki kualitas diet. orang yang tidak kentut mungkin perlu meningkatkan asupan nutrisi. Jika gas dalam tubuh tidak dikeluarkan melalui kentut maka mikroba dalam usus mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Jadi, karena kentut itu menyehatkan dan melegakan, enggak perlu lagi ditahan-tahan lagi tapi perlu trick sedikit agar enggak ketahuan kalau kita kentut…Hehehe

 

Baca jugaKaos Muslim Yang Lagi Trend

MalyaStrawberry
error: